Minggu, 16 Juni 2013

Landasan Pendidikan Pancasila

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kenyataan hidup berbangsa dan bernegara bagi kita bangsa Indonesia tidak dapat dilepaspisahkan dari sejarah masa lampau. Demikianlah halnya dengan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk di dalamnya Pancasila sebagai dasar negaranya. Sejarah masa lalu dengan masa kini dan masa mendatang merupakan suatu rangkaian waktu yang berlanjut dan berkesinambungan. Dalam perjalanan sejarah eksistensi Pnacasila sebagai Dasar Filsafat Negara Republik Indonesia mengalami berbagai macam interpretasi dan manipulasi politik sesuai dengan kepentingan penguasa demi kokoh dan tegaknya kekuasaan yang berlindung di balik legitimasi ideologi negara Pancasila. Bahkan pernah diperdebatkan kembali kebenaran dan ketepatannya sebagai Dasar dan Filsafat Negara Republik Indonesia. Bagi bangsa Indonesia tidak ada keraguan sedikitpun mengenai kebenaran dan ketepatan Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara.
Dalam Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila dapat menelusuri sejarah kita di masa lalu dan coba untuk melihat tugas-tugas yang kita emban ke masa depan, yang keduanya menyadarkan kita akan perlunya menghayati dan mengamalkan Pancasila. Sejarah di belakang telah dilalui dengan berbagai cobaan terhadap Pancasila, namun sejarah menunjukkan dengan jelas bahwa Pancasila yang berakar dia bumi Indonesia senantiasa mampu mengatasi percobaan nasional di masa lampau. Dari sejarah itu, kita mendapat pelajaran sangat berharga bahwa selama ini Pancasila belum kita hayati dan juga belum kita amalkan secara semestinya.
       Penghayatan adalah suatu proses batin yang sebelum dihayati memerlukan pengenalan dan pengertian tentang apa yang akan dihayati itu. Selanjutnya setelah meresap di dalam hati, maka pengamalannya akna terasa sebagai sesuatu yang keluar dari esadaran sendiri, akan terasa sebagai sesuatu yang menjadi bagian dan sekaligus tujuan hidup. Sementara itu, Pengamatan terhadap tugas-tugas sejarah yang kita emban ke masa depan yang penuh dengan segala kemungkinan itu, juga menyadarkan kita akan perlunya penghayatan dan pengamalan Pancasila.

B.     Masalah
Yang jadi masalah daam masalah ini adalah bagaimana kita memahami dan menerapkan “Landasan Pendidikan Pancasila” di dalam kehidupan kita.
Dari masalah diatas dapat dirumuskan sub-sub masalah sebagai berikut:
1.      Apa pengertian dari Pancasila?
2.      Apa pengertian dari Landasan Filosofi, Kultural, Histori dan Yuridis?
     
C.     Tujuan
    Adapun yang menjadi tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk mendapatkan informasi yang seluas-luasnya mengenai Landasan Pendidikan Pancasila.


D.    Manfaat
Adapun manfaat dalam penulisan makalah ini adala :
a.       Secara teoritis
Manfaat yang dapat kami ambil dalam penulisan makalah ini adalah, kami dapat lebih memahami apa yang dimaksud dengan Pancasila dan landasan yang menyusunnya.
b.      Secara Praktis
Manfaat yang akan didapat oleh orang lain yang membaca makalah ini adalah, untuk menambah wawasan mereka mengenai apa itu Pancasila dan apa saja landasan-landasan yang menyusun terbentuknya Pendidikan Pancasila.

BAB II
LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA


1.1  Pengertian Pancasila
Secara etimologi istilah Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta. Dalam bahasa Sansekerta Pancasila memiliki arti yaitu :
Panca artinya lima
Syila artinya batu sendi, alas/dasar
Syiila artinya peraturan tingkah laku yang baik
Pancasila adalah dasar filsafat Negara Republik Indonesia yang secara resmi disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 and tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, diundangkan dalam Berita Republik Indonesia Tahun. II No. 7 tanggal 15 Februari 1946 bersama-sama dengan Batang Tubuh UUD 1945.
Pandangan hidup suatu bangsa adalah masalah pilihan, masalah putusan suatu bangsa mengenai kehidupan bersama yang dianggap baik. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, berarti bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila itu dijadikan tuntunan dan pegangan adlam mengatur sikap dan tingkah laku manusia Indonesia dalam hubungannya dengan Tuhan, mayarakat dan alam semesta.
Pancasila sebagai dasar negara, ini berarti bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila itu dijadikan dasar dan pedoman dalam mengatur tata kehidupan bernegara seperti yang diatur oleh UUD 1945.

1.2    Landasan Historis
 Setiap bangsa memiliki ideologi dan pandangan hidup yang berbeda satu dengan yang lainnya, diambil dari nilai-nilai yang tumbuh, hidup dan berkembang di dalam kehidupan bangsa yang bersangkutan. Demikianlah halnya dengan Pancasila yang merupakan ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia digali dari tradisi dan budaya yang tumbuh, hidup dan berkembang dalam kehidupan bangsa Indonesia sendiri seja kelahirannya dan berkembang menjadi bangsa yang besar seperti yang dialami oleh dua kerajaan besar tempo dulu yaitu Kedatuan Sriwijaya dan Keprabuan Majapahit.
Setelah berproses dalam rentang perjalanan sejarah yang panjang sampai kepada tahap pematangannya oleh para pendiri negara pada saat akan mendirikan negara Indonesia merdeka telah berhasil merancang dasar negara yang justru bersumber pada nilai-nilai yang telah tumbuh, hidup dan berkembang dalam kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia yang kemudian diformulasikan dan disistematisasikan dalam rancangan dasar negara yang diberi nama Pancasila. Nama tersebut untuk pertama kalinya diberikan oleh salah seorang penggagasnya yaitu Ir. Soekarno dalam pidatonya tanggal 1 juni 1945 dalam persidangan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atas saran dan petunjuk seorang temannya yang ahli bahasa.
Dengan demikian kiranya jelas pada kita bahwa secara historis kehidupan bangsa Indonesia tidak dapat dilepaspisahkan dari dan dengan nilai-nilai Pancasila serta telah melahirkan keyakinan demikian tinggi dari bangsa Indonesia terhadap kebenaran dan ketepatan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan dasar negara Republik Indonesia, sejak resmi disahkan menjadi dasar negara Republik Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia sampai dengan saat ini dan Insya Allah untuk selama-lamanya.

1.3    Landasan Kultural
Pandangan hidup suatu bangsa merupakan sesuatu yang tidak dapat dilepaspisahkan dari kehidupan bangsa yang bersangkutan. Bangsa yang tidak memiliki pandangan hidup adalah bangsa yang tidak memiliki jati diri (identitas) dan kepribadian, sehingga akan dengan mudah terombang-ambing dalam menjalani kehidupannya, terutama pada saat-saat menghadapi berbagai tantangan dan pengaruh baik yang datang dari luar maupun yang muncul dari dalam, lebih-lebih di era globalisasi dewasa ini.
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia adalah jati diri dan kepribadian bangsa yang merupakan kristalisasi dari nilai-nilai yang hidup dan berkembang dalam budaya masyarakat Indonesia sendiri dengan memiliki sifat keterbukaan sehingga dapat mengadaptasikan dirinya dengan dan terhadap perkembangan zaman di samping memiliki dinamika internal secara selektif dalam proses adaptasi yang dilakukannya. Dengan demikian generasi penerus bangsa dapat memperkaya nilai-nilai Pancasila sesuai dengan tingkat perkembangan dan tantangan zaman yang dihadapinya terutama dalam meraih keunggulan IPTEK tanpa kehilangan jati dirinya.

1..3 Landasan Yuridis
Alinea IV Pembukaan UUD 1945 merupakan landasan yuridis konstitusional antara lain di dalamnya terdapat rumusan dan susunan sila-sila Pancasila sebagai dasar negara yang sah, benar dan otentik sebagai berikut :
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin olrh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Batang tubuh UUD 1945 pun merupakan landasan yuridis konstitusional karena dasar negara yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 dijabarkan lebih lanjut dan rinci dalam pasal-pasal dan ayat-ayat yang terdapat di dalam Batang Tubuh UUD 1945 tersebut.

1.4    Landasan Filosofis
                  Nilai-nilai yang tertuang dalam rumusan sila-sila Pancasila secara filosofis dan obyektif merupakan filosofi bangsa Indonesia yang telah tumbuh, hidup dan berkembang jauh sebelum berdirinya negara Republik Indonesia. Oleh karena itu, sebagai konsekuensi logisnya menjadi kewajiban moral segenap bangsa Indonesia untuk dapat merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari baik kehidupan bermasyarakat maupun kehidupan berbangsa dan bernegara.
Sebagai dasar filsafat negara, maka Pancasila harus menjadi sunber bagi setiap tindakan para penyelenggara negara dan menjiwai setiap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.






















     BAB III
PENUTUP


A.   Kesimpulan
Dari makalah diatas dapat ditarik kesimpulan,Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti Panca itu lima dan Syila itu batu sendi. Sedangkan secara umum, Pancasila adalah filsafat Negara Republik Indonesia yang secara resmi disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 and tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, diundangkan dalam Berita Republik Indonesia Tahun. II No. 7 tanggal 15 Februari 1946 bersama-sama dengan Batang Tubuh UUD 1945.
Landasan Pendidikan Pancasila terdiri dari landasan historis, filosofis, kultural dan yuridis.

B.   Saran
Dari makalah diatas dapat disarankan:
1.      Diharapkan, kita dapat lebih memaknai lebih dalam lagi mengenai Pancasila setelah kita mengetahui pengertian dari Pancasila tersebut.
2.      Diharapkan kita dapat lebih memaknai dan memahami mengenai landasan-landasan pendidikan Pancasila dan diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.







DAFTAR PUSTAKA


supardiyo.wordpress.com/tag/landasan-pendidikan-pancasila/
www.anakciremai.com › MAKALAH ILMU PENDIDIKAN

pancasila.univpancasila.ac.id/?p=282




14 komentar:

  1. The blog article very surprised scr888 download apk 2019 android to me! Your writing is good. In this I learned a lot! Thank you!

    BalasHapus
  2. I wanted to thank you 918kiss free credit no deposit 2019 malaysia for this great read. Your blog is one of the finest blog . Thanks for posting this informative article.

    BalasHapus
  3. I like your post & I will always scr888 apk download
    be coming frequently to read more of your post. Thank you very much for your post once more.

    BalasHapus
  4. I am undeniably thankful to you for providing us with this invaluable related Rapid Slim Keto Diet information. My spouse and I are easily grateful, quite frankly the documents we needed.

    BalasHapus
  5. Your Post is scr888 malaysia very useful, I am truly happy scr888 apk to post my note on this blog . It helped scr888 casino me with ocean of awareness so I really consider you will do much better in the future.

    BalasHapus
  6. You got a 918kiss free spin really useful blog I have been here reading for about 918kiss malaysia free credit half an hour. I am a newbie and 918kiss app your post is valuable for me.

    BalasHapus
  7. Subsequently, after spending many hours on the internet at last We\'ve uncovered an individual that definitely does know what they are discussing many thanks a great deal wonderful post.
    https://www.pearltrees.com/aladdin99my

    BalasHapus
  8. Ultra Fast Keto Boost "The reality is these injections can work, but in the meanwhile they still leave significant concerns," says Dr. David Goldberg, MD,
    director of the pores and skin Laser and surgery experts sanatorium in ny and New Jersey, and one of the few medical doctors already worried in scientific trials of the system.
    https://purefitketodietplan.com/ultra-fast-keto-boost/

    BalasHapus
  9. Like other famous diets, like Atkins, the general idea Go ketogenic of the Japanese diet is to increase the consumption of proteins so that they become the fuel of the body.
    https://goketoganic.com/

    BalasHapus
  10. You have got some great posts https://www.mega888slots.com/ in your blog. Keep up with the good work.

    BalasHapus
  11. Marketing strategy is actually a comprehensive, long-term, proactive approach and a game plan of any business or company with the ultimate objective of reaching a competitive edge by knowing the desires and needs of consumers. Marketing Strategy is the art and science of knowing your audience, understanding their needs and maximizing the use of available resources to reach them. It is about the development of an understanding between you and the customer that lead to a win-win situation for both of you. click now for more...

    BalasHapus
  12. As a rule, it's very not as terse as filling in the lines that the tolerant keto diet keto health pills could direct without, as this can have the funds for a lopsided impact on the face. bearing in mind everything, the best specialists intermittently feature utilizing derma fillers viably to attain a brand broadcast adversary of creating impact by focusing in on spaces of the face that best make this. Thusly, tracking alongside a studious and experienced master is really basic.

    BalasHapus
  13. In the United States, you can viking shield buy a lot of Viking Shields from drakkavikingshields.com. All of our Viking Shields come in either a blank finish that you can paint your own designs on, or they come pre-painted with Viking and Saxon designs. Each of them is made out of a different material, like wood or canvas or even steel.

    BalasHapus
  14. At a Target Salvage store near you, you can find Target Salvage merchandise Salvage Liquidation Stores Near You being sold by the piece, the pallet and even by the truckload. Liquidation Map is your go source when finding Target salvage stores near you. Below is a directory of liquidation Retail and Value Bin stores across the US that anyone can frequent and save money on everyday items from Target and other Big Box retailers.

    BalasHapus