Sabtu, 27 Desember 2014

Review Novel Rose


Judul Novel : Rose
Penulis : Sinta Yudisia
Penerbit : Indiva Media Kreasi
Ctakan ke- : 1
Tahun Terbit : 2012
Jumlah halaman :320 halaman

Aku akan langsung saja pada ulasan novel ini. Mawar, seorang anak gadis dari empat bersaudara, memutuskan untuk merawat seorang anak perempuan, yang sesungguhnya bukanlah anaknya sendiri. Tapi, anak dari salah satu kakaknya, Cempaka. Ia bahkan memutuskan pendidikannya di bangku kuliah, demi mencari nafkah.

Dari novel ini, aku benar-benar diajarkan seperti apa makna ikhlas itu sebenarnya. Dari tokoh Mawar, aku belajar, jika ikhlas itu bukanlah sesuatu hal yang dapat diucapkan dengan mudahnya, jika tidak dilandasi dengan perbuatan kita sendiri.

Tokoh Mawar merupakan contoh sosok wanita yang sangat tegar. Ia ikhlas merawat puteri kakaknya yang hampir saja digugurkan. Ia rela ketika harus dilangkahi adiknya untuk menikah. Ia rela berhenti kuliah demi menafkahi keluarganya.

Sungguh, aku dibuat beruraian air mata ketika membaca novel ini sampai selesai. Mbak Sinta dengan gamblang membuat tokoh Mawar begitu kuat. Tiap tokoh juga memiliki karakter yang kuat, sehingga bisa membangun kisah ini dengan begitu apiknya.

Tokoh protagoni juga dibuat senatural mungkin. Tidak ada manusia yang sempurna. Itu yang bisa aku tangkap dari novel ini.

Begitu banyak hikmah yang dapat aku ambil setelah selesai membaca novel ini. Aku juga jadi berpikir, mampukah aku menjadi seperti sosok Mawar dalam kisah ini? Setelah membaca kisah ini, aku juga jadi selalu mengucap syukur akan apa yang telah Allah berikan padaku.

Dua jempol deh buat novel mbak Sinta yang satu ini. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar